Jenis Transfer Bank Di Indonesia Yang Wajib Kamu Tau

Ini jenis transfer bank yang ada di indonesia, kamu sering pakai yang mana ?

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis transfer bank yang dapat digunakan oleh nasabah untuk mengirimkan uang ke rekening bank lain. Jenis transfer bank tersebut dapat dibedakan berdasarkan waktu penyelesaian, jumlah transfer, dan biaya administrasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis transfer uang antar bank di Indonesia:

  • Transfer uang antar bank

Transfer uang antar bank adalah jenis transfer yang paling umum dilakukan di Indonesia. Transfer uang di bank dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain ATM, internet banking, mobile banking, dan SMS banking.

Ada dua jenis transfer uang yang banyak dikenal orang, yaitu:

* Transfer antar bank online
* Transfer antar bank offline

Transfer bank online adalah jenis transfer yang dilakukan secara langsung melalui sistem perbankan. Transfer ini biasanya diproses dalam waktu 1-2 hari kerja.

Transfer uang antar bank via offline adalah jenis transfer yang dilakukan melalui pihak ketiga, seperti bank persepsi, kantor pos, atau agen penjual. Transfer ini biasanya diproses dalam waktu 2-3 hari kerja.

Real Time Gross Settlement (RTGS)
RTGS adalah sistem transfer dana antar bank yang dilakukan secara real time. Dengan RTGS, dana akan dikirimkan dari rekening pengirim ke rekening penerima dalam waktu 1-4 jam.

RTGS biasanya digunakan untuk transfer dana dalam jumlah besar, seperti transfer gaji, transfer dana untuk investasi, atau transfer dana untuk pembayaran transaksi bisnis.

Sistem Kliring Nasional Indonesia (SKNI)
SKNI adalah sistem transfer dana antar bank yang dilakukan secara kliring. Dengan SKNI, dana akan dikirimkan dari rekening pengirim ke rekening penerima pada hari kerja berikutnya.

SKNI biasanya digunakan untuk transfer dana dalam jumlah kecil, seperti transfer dana untuk belanja online, transfer dana untuk pembayaran tagihan, atau transfer dana untuk keperluan sehari-hari.

Sistem  Bi-fast
BI-FAST adalah sistem transfer dana antar bank yang dilakukan secara real time. Dengan BI-FAST, dana akan dikirimkan dari rekening pengirim ke rekening penerima dalam waktu 24 jam.

BI-FAST biasanya digunakan untuk transfer dana dalam jumlah kecil, seperti transfer dana untuk belanja online, transfer dana untuk pembayaran tagihan, atau transfer dana untuk keperluan sehari-hari.

Biaya administrasi transfer bank dapat berbeda-beda tergantung pada bank dan jenis transfer yang digunakan. Biaya administrasi transfer bank biasanya dibebankan kepada pengirim. Namun, ada juga bank yang tidak mengenakan biaya administrasi untuk transfer bank tertentu.

Lalu adakan sistem transfer bank yang gratis biaya admin ?

Tentu saja ada, jika anda sedang mencari solusi untuk transfer bank yang relatime,24 jam,dan pastinya bebas biaya administrasi Rp.2500

Sekarang sudah banyak metode yang digunakan kebanyakan masyarakat indonesia untuk menghindari biaya transfer bank, salah satunya yaitu mengirim uang ke bank lain dengan menggunakan aplikasi dompet digital atau biasa disebut e-wallet,karena banyak e-wallet yang menawarkan transfer bank gratis hingga 50x/bulan.

Dan salah satu e-wallet yang bisa transfer bank gratis biaya admin yaitu SpeedCash.Dengan menggunakan aplikasi E-wallet SpeedCash tentunya kamu berhak mendapatkan fitur layanan yang ada didalamnya salah satunya TRANSFER BANK GRATIS hingga 50x/bulan

BACA JUGA :

Dan Ini Cara Transfer Uang Antar Bank Gratis Pakai E-Wallet SpeedCash:

Sebelum menggnakan SpeedCash untuk mendapatkan fitur layanan kirim uang antar bank gratis biaya admin, ada baiknya anda mengetahui sekilas tentang SpeedCash, sebuah aplikasi dompet digital yang sudah terdaftar dan terlisensi kategori 1 oleh bank Indonesia.

Dan berikut cara menggunakan E-Wallet SpeedCash untuk transfer bank gratis:

  1. Download Aplikasi SpeedCash, bisa klik disini E-wallet gratis transfer bank
  2. Jika sudah mendownload lanjutkan untuk Daftar Login
  3. Masukkan nomor telepon kamu, lalu lanjutkan
  4. Dan selanjutnya klik lanjutkan untuk mendapatkan kode verifikasi
  5. Tunggu hingga ada kode yang dikirim via SMS/Chat Whatsapp
  6. Masukkan 4 digit terakhir nomor yang dikirimkan tadi, lalu klik lanjutkan.
  7. Pilih menu transfer bank untuk mendapatkan fitur transfer bank gratis di SpeedCash
  8. Pilih menu Transfer Bank Ke Rekening Tabungan, masukkan bank tujuan kamu.
  9. Masukkan No Rekening Tabungan/Tujuan.
  10. Masukkan nominal uang yang akan kamu kirim
  11. Setelah itu kamu akan mendapati review transfer, dan akan tertulis biaya admin gratis
  12. jika kamu merasa sudah benar nomor tujuannya, lalu klik lanjutkan
  13. Setelah itu kamu bisa check history transaksi/pengiriman di menu histori

Itu tadi informasi mengenai jenis-jenis transfer bank di indonesia yang perlu kamu tau,dan pada dasarnya untuk biaya transfer uang antar bank sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis metode yang digunakan.

About Author

falcon
falcon

Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso.

Leave a Reply