Cara Bayar Paspor Online

Praktis! Ini Cara Bayar Paspor Online Gak Pakai Antri

Proses pembuatan paspor saat ini sudah cukup mudah namun masih banyak orang yang kebingungan saat harus bayar paspor via online, nah di artikel berikut ini kami akan memberikan cara praktis untuk membayar paspor online hanya cukup melalui 1 aplikasi.Namun sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita akan membahas dulu tentang apa itu paspor.

Paspor adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah suatu negara untuk mengidentifikasi dan memberikan izin kepada warganya untuk melakukan perjalanan internasional. Paspor biasanya berisi informasi identitas, seperti nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan tempat kelahiran pemegang paspor.

Fungsi utama paspor adalah sebagai tanda pengenal dan izin perjalanan. Ketika seseorang bepergian ke negara asing, paspor mereka akan diperiksa oleh petugas imigrasi di perbatasan untuk memastikan bahwa pemegang paspor memiliki izin resmi untuk masuk ke negara tersebut. Paspor juga mencantumkan tanggal kedaluwarsa, yang menunjukkan kapan paspor tersebut tidak lagi berlaku.

Baca Juga : Praktis Bayar Denda Tilang Via Online

Selain itu, paspor dapat berisi visa, yang merupakan izin tambahan dari negara yang dikunjungi, memberikan wewenang untuk tinggal atau melakukan kegiatan tertentu di sana. Paspor juga berperan sebagai dokumen penting dalam situasi darurat atau kehilangan identitas.

Penting untuk menjaga paspor dalam kondisi baik dan aman selama perjalanan, dan pemilik paspor perlu memperbarui paspor mereka sebelum tanggal kedaluwarsa untuk memastikan kelancaran perjalanan internasional mereka.

Bayar Paspor Online Lewat Aplikasi :

Proses pembayaran paspor secara online dapat bervariasi tergantung pada negara masing-masing. Namun, secara umum, berikut adalah langkah-langkah umum untuk membayar paspor secara online melalui aplikasi e-wallet SpeedCash:

  1. Buka aplikasi SpeedCash, jika belum punya kamu bisa download SpeedCash di playstore ataupun ios
  2. Jika sudah download, lanjutkan dengan mendaftar akun dulu menggunakan no HP aktif ya!
  3. Setelah mendaftar akun di SpeedCash kamu akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS ataupun WA
  4.  Nah, setelah berhasil mendaftar kamu bisa melanjutkan dengan memilih menu BAYAR PASPOR
  5. Lanjutkan dengan mengisi KODE BILLING yang sudah kamu dapatkan dari KANTOR IMIGRASI
  6. Jika kode sudah benar, akan muncul total tagihan yang bisa kamu bayar
  7. Jika sudah kamu bisa klik LANJUTKAN untuk membayar tagihan
  8.  Setelah itu kamu akan mendapatkan bukti bayar tagihan dan harap simpan baik-baik bukti bayar tagihan tersebut.

Baca Juga : Begini Cara Bayar Pajak SPT Online

Hingga saat ini ada tiga jenis paspor yang sah dikeluarkan oleh kementrian hukum dan hak asasi manusia, berikut jenis 3 paspor tersebut :

  • Paspor reguler merupakan jenis paspor yang paling umum digunakan oleh warga negara Indonesia (WNI). Paspor ini memiliki sampul berwarna hijau dan berlaku selama 5 tahun. Paspor biasa dapat digunakan untuk keperluan pribadi, seperti perjalanan, bisnis, atau pendidikan.
  • Paspor dinas adalah jenis paspor yang diterbitkan kepada instansi negara atau PNS yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menjalankan tugas kedinasan. Paspor resmi memiliki sampul berwarna biru dan berlaku selama 5 tahun.
  • Paspor diplomatik adalah jenis paspor yang dikeluarkan untuk diplomat Indonesia dan keluarganya yang dikirim dalam perjalanan bisnis ke banyak kantor perwakilan Indonesia di luar negeri. Paspor diplomatik bersampul hitam dan berlaku selama 5 tahun.

Hal penting yang wajib kamu ketahui sebelum membayar paspor online via aplikasi SpeedCash yaitu, kamu wajib untuk top up saldo SpeedCash dahulu.Berikut video cara isi saldo SpeedCash

Nah, buat kamu yang belum tau apa itu SpeedCash atau baru kenal dengan SpeedCash kamu wajib tau kalau SpeedCash merupakan aplikasi e-wallet atau dompet digital asli buatan indonesia dan sudah terlisensi resmi bank indonesia sehingga kamu tidak perlu takut akan keamanan datamu.Selain itu aplikasi SpeedCash juga bisa dibuat untuk berbagai keperluan seperti : cek tagihan listrik, transfer uang antar bank gratis, bayar tiket kereta api bebas biaya admin dan layanan, cek tiket pesawat dengan garanasi harga paling murah.

Itulah tadi informasi mengenai cara bayar paspor online paling praktis cukup lewat aplikasi dan tanpa harus keluar rumah dan bebas antri.

Hal-Hal Yang Harus Kamu Ketahui Saat Bayar Paspor Online

  • Siapkan Nomor MPN G3. Nomor MPN G3 adalah kode pembayaran paspor yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Nomor MPN G3 ini dapat diperoleh melalui aplikasi M-Paspor atau website Kemenkumham.
  • Pilih metode pembayaran yang sesuai. Anda dapat membayar paspor online melalui berbagai metode pembayaran, seperti ATM, M-banking, e-wallet(seperti SpeedCash), dan minimarket. Pilihlah metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.
  • Pastikan pembayaran Anda telah berhasil. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran ini untuk keperluan pengambilan paspor.
Download Aplikasi SpeedCash Melalui Link Dibawah Ini

About Author

falcon
falcon

Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso.

Leave a Reply