Cara Hemat Tagihan Air PDAM [Ampuh]

BebasBayar – Air PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum kini banyak digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-harinya. Tak gratis pastinya, tiap bulannya pengguna harus membayar layanan tersebut sesuai pemakaian. Bila tak cermat, tagihan PDAM bisa menguras kantong, lho!

Kalau kamu pengguna PDAM, kamu akan diberikan tagihan sesuai dengan jumlah air yang kamu gunakan. Walau tidak semahal tagihan listrik, jika digunakan secara berlebihan, tagihan PDAM pun bisa membengkak. Kamu pasti tidak mau kan hal itu terjadi? Nah, untuk mencegahnya berikut tips hemat tagihan PDAM ala BebasBayar.

Cek Kebocoran Keran

Tiap air yang mengalir, baik yang digunakan dengan sepengetahuan kamu maupun tidak, akan tercatat pada meteran air yang telah dipasang di rumah.

Karenanya kamu tetap harus membayar air yang yang bocor tersebut walau tak digunakan sama sekali. Maka dari itu lakukanlah pemeriksaan keran, pipa, dan saluran air lainnya di rumah secara rutin.

Jika diakumulasikan, air yang keluar dari celah yang bocor bisa mencapai 20 liter perharinya.

Lumayan banyak kan?

Jika kebocoran pada keran atau pipa air belum bisa dibetulkan, tampunglah air tersebut agar dapat digunakan untuk keperluan yang lain, alias tidak terbuang sia-sia.

Tips untuk kamu, rembesan yang terjadi pada toilet atau kloset duduk bisa kamu ketahui dengan memberikan zat warna atau pembersih kloset berwarna yang ditempatkan pada tangki.

Cara lain untuk mengetahui jika ada kebocoran adalah melalui roda gigi yang tetap bergerak walau seluruh aliran air telah dimatikan.

Hematlah Air Semaksimalnya

Langkah penghematan air di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya, tidak membiarkan keran tetap mengalir ketika tengah menggosok gigi atau mengusap mencuci piring.

Dengan melakukan kedua hal kecil itu, kamu bisa menghemat pemaikaian air hingga 4 liter per menitnya lho.

Membatasi waktu mandi dan menggunakan shower juga sangat membantu mengurangi pemakaian air secara signifikan.

Penting juga, jangan membuang benda-benda seperti kertas, tisu, bekas pembalut ke dalam kloset.

Untuk mendorong sampah tersebut masuk ke dalam saluran dibutuhkan air dengan volume yang sangat banyak!

Tampung Air Untuk Cadangan

Cara ini bisa kamu lakukan terutama di tengah musim hujan seperti ini.

Taruh ember atau wadah-wadah lainnya di luar rumah, khususnya di bawah genting. Kamu bisa menyimpannya dan menggunakannya untuk menyiram tanaman ketika hari sedang panas-panasnya, atau untuk mencuci motor atau mobil. Jangan lupa tutup ember atau wadah tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.

Kalibrasi Alat Pengukur

Ketika kamu telah mencatat penggunaan air dengan seksama namun tagihan kamu tetap membengkak, ada baiknya untuk melakukan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran (kalibrasi).

Baca Juga :

Jika air yang keluar lebih sedikit dari total angka , makan segera laporkan pada petugas PDAM. Dengan begitu, kamu akan mengetahui jika ada kesalahan yang terjadi pada PDAM atau terjadi kebocoran pada rumah kamu.

Semoga tips hemat tagihan PDAM bermanfaat bagi kamu semua. Jika bermanfaat, share artikel ini ke media sosial kamu agar lebih banyak lagi yang tahu yuk. Jangan lupa juga, pakai aplikasi BebasBayar ya untuk mendapatkan banyak manfaat buat kebutuhan rutinitas kamu.

About Author

Leave a Reply