Dompet Digital Paling Aman Terlisensi Bank Indonesia

Rekomendasi Dompet Digital Paling Aman Dan Diawasi Bank Indonesia

Siapa yang tidak kenal bank indonesia, bank sentral memiliki wewenang untuk mengatur dan mengawasi kegiatan perbankan di Indonesia, termasuk bank umum, bank perkreditan rakyat, dan lembaga keuangan lainnya.Dan salah satu tugas bank indonesia yang harus diketahui ialah mengatur ijin regulasi dompet elektronik (dompet digital). Dan berikut ini merupakan dompet digital paling aman sudah terlisensi dan diawasi bank indonesia.

Daftar E-Wallet Paling Aman

Dana ( PT Espay Debit Indonesia Koe )

DANA adalah sebuah aplikasi dompet digital yang menawarkan berbagai layanan keuangan secara praktis dan aman. Sebagai salah satu pemain utama dalam industri fintech di Indonesia, DANA dirancang untuk memudahkan transaksi keuangan sehari-hari. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant, baik online maupun offline, transfer uang, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi.

Karena aplikasi ini sudah memiliki izin sebagai Penyedia Jasa Pembayaran – Kategori Izin 1 sehingga memungkinkan untuk menawarkan fitur  mentransfer uang ke sesama pengguna DANA atau ke rekening bank. Proses transfer ini cepat dan aman, serta sering kali bebas biaya administrasi.

Gopay ( PT Dompet Anak Bangsa )

GoPay adalah layanan dompet digital yang terintegrasi dengan aplikasi Gojek, salah satu super app terkemuka di Indonesia. GoPay memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai jenis transaksi keuangan secara mudah, cepat, dan aman.

Gopay juga sudah memiliki izin sebagai penyedia jasa pembayaran-kategori izin 1 sehingga pengguna untuk mentransfer uang ke sesama pengguna GoPay atau ke rekening bank. Fitur ini memudahkan pengguna untuk berbagi saldo dengan teman dan keluarga atau melakukan transfer ke rekening bank secara instan.

Dompet Digital OVO ( PT Visionet Internasional )

OVO adalah salah satu dompet digital paling populer di Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara digital. Dengan OVO, pengguna dapat melakukan pembayaran, transfer uang, pembelian pulsa, dan banyak lagi, semuanya hanya dengan menggunakan smartphone. Dengan izin kategori 1 penyedia jasa pembayaran maka pengguna ovo bisa mengirim uang ke sesama pengguna OVO atau ke rekening bank lainnya. Proses ini dilakukan secara instan dan aman, menjadikannya solusi praktis untuk berbagi uang dengan keluarga dan teman.

E-Wallet SpeedCash ( PT Bimasakti Multi SInergi )

Sebuah aplikasi dompet elektronik ( e-wallet) serba bisa lengkap dengan ribuan produk yang bisa dimanfaatkan semua penggunanya dan tentunya sudah memiliki izin kategori 1 sebagai penyedia jasa pembayaran lisensi dan diawasi bank indonesia.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur transfer uang antar bank bebas admin, bayar denda tilang hingga beli voucher game dan masih banyak lainnya yang bisa di manfaatkan penggunanya. Aplikasi dompet digital ini sudah tersedia di playstore dan appstore juga jadi buat kamu pengguna android maupun  IOS ga perlu khawatir karena SpeedCash sudah tersedia dan hebatnya jika kamu tidak punya android atau IOS kamu bisa menggunakan aplikasi ini via website juga kamu bisa akses SpeedCash di : https://www.speedcash.co.id/ 

LinkAja ( PT Fintek Karya Nusantara )

Sebuah terobosan hasil gabungan BUMN di indonesia yaitu LinkAja sebuah dompet digital yang Dikembangkan oleh Telkomsel dan didukung oleh sejumlah perusahaan besar termasuk beberapa bank BUMN. LinkAja merupakan solusi praktis dan aman untuk berbagai transaksi digital di Indonesia. Dengan fitur yang lengkap dan kemudahan akses, LinkAja menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman transaksi yang lebih cepat dan efisien. Sebagai bagian dari perkembangan ekonomi digital, LinkAja terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya

Baca Juga : Kelebihan menggunakan dompet digital untuk sehari-hari

Apakah Penting Mendapatkan Lisensi Dari Bank Indonesia ?

Dengan adanya lisensi dari bank indonesia selaku regluator yang mengatur peraturan tentang perbankan dan lembaga keuangan, layanan keuangan yang ada di indonesia tentunya jika sudah punya izin sebagai penyedia jasa pembayaran artinya aplikasi tersebut resmi pengelolaanya dan diperbolehkan menghimpun dana masyarakat

Sekilas tentang bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam mengatur dan mengawasi sistem moneter di Indonesia. Didirikan pada tanggal 1 Juli 1953, Bank Indonesia bertanggung jawab atas stabilitas nilai rupiah dan berfungsi sebagai pengawas sektor perbankan serta sistem pembayaran nasional. BI juga memiliki peran dalam menjaga stabilitas sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Fungsi Utama Bank Indonesia

Menetapkan dan Melaksanakan Kebijakan Moneter

Bank Indonesia bertugas merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan moneter yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan nilai tukar. Ini termasuk pengendalian inflasi melalui berbagai instrumen moneter, seperti tingkat suku bunga acuan dan operasi pasar terbuka.

Mengatur dan Mengawasi Sistem Pembayaran

BI mengawasi sistem pembayaran di Indonesia untuk memastikan kelancaran dan efisiensi pembayaran antar bank dan antara bank dengan masyarakat. Ini mencakup pengawasan terhadap sistem kliring, pembayaran digital, dan transaksi antarbank.

Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan

Bank Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, termasuk mengawasi dan mengatur perbankan, serta mengambil langkah-langkah preventif untuk mengurangi risiko sistemik.

Baca Juga : 6 Aplikasi e-wallet terbaik dan banyak dipakai semua orang

Jadi jelas jika sebuah aplikasi ataupun platform dompet digital tidak memiliki izin penyelenggara dari bank indonesia maka aplikasi tersebut wajib untuk terdaftar agar pengelolaan dana masyarakat biasa diawasi. 

Baca Juga: Ini dia keuntungan jika Menggunakan dompet digital untuk keuangan

Itulah tadi informasi mengenai dompet digital paling aman yang sudah terlisensi resmi bank Indonesia. jika kamu belum punya dompet digital yang aman, maka kamu wajib mencoba salah satu dari aplikasi diatas dan kami sarankan untuk download aplikasi SpeedCash melalui link download dibawah ini.

About Author

Kamaludin
Kamaludin

Account Executive E-wallet SpeedCash

Leave a Reply