Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Menjadi seorang wanita sekaligus seorang ibu adalah hal yang membanggakan. Walau sibuk dengan urusan domestik, para wanita ini juga kerap memulai usaha sampingan ibu rumah tangga. Bahkan usaha ini kerap malah berkembang menjadi bisnis beromzet jutaan.

Selain karena untuk menyalurkan hobi, usaha sampingan semacam ini memang kebanyakan diawali dengan niat untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Maka tak jarang bisnis semacam ini hanya mengandalkan modal kecil dan sumber daya yang ada.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Patut Dicoba

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Patut Dicoba

1. Bisnis Makanan Siap Saji

Makanan adalah komoditas jualan yang memang tidak ada matinya. Baik di desa maupun di kota, makanan menjadi barang dagangan yang laris manis apapun keadannya. Para penjual makanan pun menjamur, mulai dari yang hanya dengan gerobak keliling sampai restoran megah.

Tak hanya itu, ibu rumah tangga pun bisa ikut berkecimpung di dunia bisnis ini karena memang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Jika Anda adalah ibu rumah tangga dan membutuhkan usaha sampingan, bisnis makanan adalah bisnis yang lumrah dan kerap menjadi pilihan.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jual, mulai dari makanan ringan hingga berat, baik itu yang siap makan maupun yang beku. Cara mengantarkan makanan pun beragam, mulai dari mengantar langsung ke pembeli hingga menggunakan layanan ojek daring.

2. Bisnis Kerajinan Tangan

Setiap wanita dikaruniai kemampuan untuk menciptakan keindahan. Kerajinan tangan adalah salah satu dari keindahan yang sanggup dibuat oleh para perempuan. Di sela waktu menjaga anak maupun melakukan kegiatan domestik, Anda dapat menyulap bahan sederhana menjadi bernilai tinggi.

Kemampuan menyulap manik-manik menjadi gelang, atau membuat pigura dari stik es krim dan semacamnya sangat patut dicoba. Dari hal sederhana, Anda bisa menghadirkan sumber penghasilan yang tidak terduga.

Modal pun bisa jadi sangat minim. Anda bisa merombak bando-bando anak yang sudah tidak terpakai menjadi jepit rambut lucu dengan tambahan bahan sederhana. Hal ini tentunya menghemat anggaran namun menghasilkan pendapatan yang relatif besar.

3. Menjadi Dropshiper

Menghasilkan uang di rumah bahkan di kamar Anda bukan hal yang tidak mungkin sekarang ini. Berbekal ponsel pintar yang Anda miliki, Anda sudah dapat menghasilkan uang hingga jutaan setiap bulannya.

Bahkan modal yang Anda perlukan untuk usaha ini nyaris tidak ada, selain kuota internet dan ponsel tentunya. Usaha tersebut adalah menjadi seorang dropshipper. Usaha semacam ini sudah sangat lazim terutama bagi mereka yang bergerak di bisnis online shopping.

Dropshipper adalah seorang yang menjualkan produk dari pihak lain tanpa harus mempunyai stok produk tersebut. Nantinya, pihak produsen yang akan mengemas dan mengirimkan barang dan menuliskan nama Anda sebagai penjualnya.

4. Bisnis Menulis

Jadi jika Anda memiliki kelebihan dalam hal menulis, Anda bisa menjadikannya lahan untuk menambah pundi keuangan Anda. Ada banyak lahan menulis yang bisa Anda gali. Bagi Anda penyuka fiksi, Anda dapat mencoba menulis cerpen maupun novel yang bisa dikirim ke penerbit.

Selain itu menulis opini pembaca hingga esai yang kocak maupun serius juga bisa menjadi selingan untuk dilakukan di kala senggang. Platform digital yang memuat esai semacam ini juga sudah menjamur dan bisa Anda cari dengan mudah.

Peluang menulis lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menjadi seorang penulis artikel. Setiap situs yang menayangkan tulisan dan muncul di halaman awal mesin pencari selalu membutuhkan penulis guna mengisi feed situs mereka.

5. Memasarkan Hasil Kebun

Ketahanan pangan bisa dimulai dari keluarga. Jika Anda memiliki lahan yang tidak terpakai, maka Anda dapat mulai menanam sayuran maupun buah. Kegiatan berkebun ini selain bisa menjadi olahraga yang menyehatkan juga bisa menjadi usaha sampingan yang menggiurkan.

Pilihan sayuran seperti bayam, sawi, daun bawang hingga tomat bisa menjadi pilihan komoditas yang mudah dan murah perawatannya. Selain menggunakan lahan, baik kebun maupun pekarangan, ada cara baru untuk menanam sayuran maupun buah yaitu lewat sistem hidroponik.

Jika Anda ingin meningkatkan nilai jual dari usaha sampingan ibu rumah tangga ini, Anda juga bisa mencoba menanam sistem hidroponik dan organik. Selain lebih sehat harga jual sayur dan buah organik juga lebih mahal. Jenis ini sangat cocok untuk target pasar menengah ke atas.

6. Menjahit Pakaian

Kemampuan menjahit adalah kemampuan dasar yang sangat berguna untuk bertahan hidup. Pasalnya dengan keterampilan semacam ini Anda dapat menghasilkan uang yang nominalnya bisa sangat memuaskan.

Usaha yang menjanjikan semacam ini juga membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Anda hanya memerlukan mesin jahit, benang serta kemampuan untuk menciptakan. Produk seperti daster, gaun, sprei hingga gorden bisa Anda hasilkan dan pasarkan dengan mudah.

Anda dapat mencoba untuk menerima pesanan jahitan hingga membuka usaha konveksi, semuanya tergantung dari kemampuan dan kemauan Anda. Hal yang perlu diperhatikan tentu adalah konsistensi kualitas jahitan Anda.

7. Bisnis Aplikasi Fintech

Bisnis yang mengandalkan aplikasi fintech memang ada banyak, tetapi tidak semuanya aman untuk dijalankan. Dari sekian banyak aplikasi finance technology, aplikasi BebasBayar adalah aplikasi yang sudah terjamin keamanan dan kualitasnya.

Anda dapat membeli tiket pesawat, membayar tagihan listrik, hingga membeli pulsa dengan harga yang terjangkau. Cukup dengan mengunduh aplikasi tersebut dan mengikuti petunjuk di dalamnya Anda sudah memiliki akses atas banyak transaksi.

8. Jasa Titip Sayuran

Berbelanja merupakan hal yang lumrah bagi ibu rumah tangga. Namun siapa sangka kebiasaan yang terlihat biasa tersebut sekarang ini bisa menghasilkan uang? Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang tidak sempat dan tidak mau pergi ke pasar.

Sebagai gantinya, mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa para pembuka jastip untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Peluang semacam ini sangat bagus, bisa dikatakan sebagai setali tiga uang.

Anda dapat berbelanja kebutuhan rumah tangga Anda sendiri sembari membelanjakan pesanan orang dan nantinya dapat keuntungan dari sana. Keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan dari tambahan ongkos kirim, maupun biaya jastip yang besarnya bisa Anda tentukan sendiri.

9. Jualan Baju Anak

Kebutuhan ibu rumah tangga bukan melulu perihal bahan bahan makanan atau peralatan rumah tangga saja, baju anak juga merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Apalagi jika memiliki anak kecil yang ukuran bajunya cepat sekali berubah, kebutuhan semacam ini menjadi primer.

Maka dari itu, usaha menjual baju anak menjadi salah satu komoditi yang paling laris. Terutama jika Anda mampu menyediakan barang dengan kualitas bagus namun dengan harga terjangkau. Segmen pasarnya juga jelas, sehingga Anda tidak perlu mencari-cari lagi.

Anda dapat memasarkan melalui instagram, facebook maupun aplikasi marketplace. Selain baju, Anda juga bisa melengkapi jualan Anda dengan berbagai peralatan dan permainan untuk anak. Semakin lengkap barang yang Anda jual maka keuntungan juga semakin besar.

Baca juga: Ini Usaha Sampingan yang bisa dilakukan dirumah

10. Usaha Katering

Hampir sama dengan makanan siap saji, usaha katering juga menyiapkan makanan yang bisa langsung disantap. Bedanya, jenis usaha ini adalah jenis partai besar. Jika Anda tidak membidik segmen pasar katering pernikahan, Anda dapat mencoba jenis katering lain.

Misalnya di kalangan masyarakat kota besar, katering makanan sehat sangat melejit belakangan ini. Anda dapat menyiapkan menu makanan mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam yang sudah dikemas sesuai aturan diet tertentu.

Atau Anda juga dapat menawarkan katering untuk karyawan kantor maupun katering khusus anak-anak, terutama usia memasuki MPASI. Usaha ini memang segmented tetapi malah lebih terarah dalam promosi dan targetnya jelas.

11. Perawatan Kecantikan

Model layanan jasa akhir-akhir ini pun mulai mengalami pergeseran sistem. Jika dulunya pelanggan yang mendatangi tempat perawatan untuk menikmati layanan yang diperlukan, kini pihak tempat perawatanlah yang harus mendatangi konsumen.

Hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat juga mulai berubah. Sebagian orang menjadi sangat sibuk sehingga untuk memanjakan diri dengan keluar rumah sebentar saja sudah cukup menyita waktu dan akhirnya membuat enggan.

Golongan orang semacam ini lebih memilih untuk diam di rumah dan menikmati layanan yang mereka butuhkan. Salon yang bisa dipesan semacam ini memang sudah tidak asing, tetapi kini bentuk dan macam layanannya semakin dilengkapi.

12. Membuat Channel Memasak

Jika dulu ketika seseorang membutuhkan resep suatu masakan, mereka akan mencarinya di mesin telusur. Tetapi sekarang, dengan semakin banyaknya orang yang membuat video tutorial di Youtube, orang-orang lebih memilih untuk mengunjungi aplikasi ini.

Selain karena lebih jelas, sebab berbentuk video, konten yang dapat dipilih juga lebih beragam. Anda dapat membuat channel khusus dengan menciptakan konten personal. Anda dapat menayangkan masakan dengan resep warisan hingga membuat ulang resep lain yang sedang marak.

Semakin banyak orang yang menjadi subscriber Anda, maka semakin banyak penghasilan yang akan Anda dapatkan dari channel youtube. Hanya saja, Anda harus konsisten membuat konten, sebab ada kebijakan algoritma youtube yang baru.

13. Menjual Produk Kosmetik

Kebutuhan akan kecantikan tampaknya akan menjadi bisnis yang awet. Buktinya produk-produk kosmetik banyak bermunculan, baik produk lama dengan kemasan baru maupun produk start up yang mulai merintis.

Selain produk luar, seperti Korea Selatan, yang sedang hits, ada pula produk lokal yang tidak kalah bagusnya. Anda dapat menjual kosmetik paket yang biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan menjual satu per satu.

Selain menjual kosmetik dalam bentuk original. Anda juga dapat menawarkan kepada konsumen tentang opsi share in jar. Maksudnya adalah Anda mengemas kembali kosmetik, terutama perawatan kecantikan, ke dalam wadah baru yang lebih kecil.

Baca Juga: Usaha sampingan ini bisa dilakukan anak kuliahan

14. Menjual Produk Re-packing

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk bisa membeli sesuatu. maka dari itulah banyak orang kemudian menyiasati keadaan ini dengan membeli produk yang dikemas ulang. Tidak hanya makanan, kosmetik pun juga banyak yang dijual dalam bentuk demikian.

Untuk makanan, Anda bisa membeli snack kiloan dan membungkusnya kembali ke dalam wadah yang lebih kecil kemudian menjualnya secara satuan. Rumus yang sama juga berlaku untuk kosmetik.

Keuntungan yang Anda dapat bisa sangat besar, mengingat Anda mendapatkan keuntungan dari tiap kemasan kecil yang Anda tawarkan.

Untuk bisa menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga memang penuh tantangan. Selain harus pintar membagi waktu, Anda juga harus pintar melihat peluang yang ada. Jika bisnis sudah berjalan, jangan lupa untuk selalu mencatat dengan rinci perihal uang yang keluar maupun masuk.

About Author

Ahmad Mujtahidin
Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply