Cek Tagihan PDAM Ciamis Paling Baru [2019]

BebasBayar – Hari ini hampir mayoritas masyarakat mengandalkan pelayanan penyedia air minum untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, salah satunya adalah PDAM. PDAM kini telah tersebar hampiir di setiap daerah di seluruh Indonesia, salah satunya di kabupaten Ciamis.

Bagi masyarakat Ciamis, sebagian besar telah menggunakan air minum bersih yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Ciamis. Namun, untuk menikmatinya masyarakat diharuskan membayar tagihan PDAM kabupaten Ciamis setiap bulannya di kantor cabang terdekat.

Untuk itu, BebasBayar menawarkan kemudahan baru dalam pembayaran tagihan PDAM Ciamis. Sebab mulai sekarang masyarakat tak perlu lagi datang langsung ke kantor cabang hanya untuk melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya.

Cukup berbekal smartphone dan instal aplikasi BebasBayar, dan dalam waktu sekejap semua kebutuhan akan segera terpenuhi. Mudah dan praktis, bukan?

Selain itu, masyarakat juga bisa memilih metode pembayaran tagihan PDAM Ciamis, seperti pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Alfamart, dan masih banyak lagi. Transaksi cepat, waktu pun hemat!

Tak hanya saja bisa menunaikan pembayaran tagihan PDAM Ciamis, BebasBayar juga bisa memenuhi kebutuhanmu yang lain, seperti pembayaran tagihan BPJS Online, pajak PBB, listrik PLN, dan yang lainnya.

Mengenal PDAM Ciamis

PDAM kabupaten Ciamis didirikan pada 1 Agustus 1988 dan telah disahkan dalam Perda Kabupaten Ciamis Nomor 9 Tahun 1988. Dikenal sebagai PDAM Tirta Galuh, penyedia layanan air minum ini melayani dua daerah sekaligus, yaitu kabupupaten Ciamis dan kabupaten Pangandaran.

Dari dua kabupaten ini, PDAM Ciamis melayani 16 kecamatan dengan pemecahan 6 cabang, meliputi Ciamis (Kota), Sindangkasih, Panumbangan, Kawali, Banjarsari dan Pangandaran. Hingga tahun 2017, PDAM Ciamis telah memiliki 20.623 total pelanggan dengan jumlah pelayanan kurang lebih 220.912 jiwa dari 492.768 jiwa. Jika dikalkulasi, PDAM Ciamis baru memiliki tingkat pelayanan sebesar 7,03%.

Untuk meningkatkan pelayanan tentunya PDAM Ciamis memiliki acuan khusus agar senantiasa menjadi yang terbaik, dengan berpedoman dengan Visi dan Misi perusahaan.

Visinya ialah Menjadi Perusahaan Terpercaya Dalam Pelayanan Yang Handal Dan Profesional. Sedang untuk misinya, Memberikan pelayanan yang handal kepada pelanggan dalam hal Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas sehingga dapat meningkatkan derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat.

Alamat PDAM Ciamis

  • Jl. Mr. Iwa Kusumasoemantri No. 16 Ciamis, Kab. Ciamis, Jawa Barat
  • tirtagaluh_cms@yahoo.com
  • 0265-772094

Cara Berlangganan PDAM Bekasi

Berikut ini adalah prosedur pemasangan atau berlangganan Air PDAM Ciamis :

  • Calon pelanggan datang ke kantor PDAM Ciamis terdekat dan membawa dokumen, seperti fotocopy KTP/SIM, Kartu Keluarga, dan dokumen tambahan lainnya jika diharuskan.
  • Mengisi formulir permohonan dan membayar biaya pendaftaran (bila ada).
  • Petugas PDAM akan datang ke rumah untuk survei pemasangan.
  • Jika perencanaan anggaran biaya selesai, pihak PDAM Ciamis akan memanggil calon pelanggan untuk menyetujuinya.
  • Petugas teknis PDAM Ciamis datang ke lokasi guna pemasangan pipa air minum, kurang lebih 15 hari kerja setelah pembayaran diselesaikan.
  • Air PDAM Ciamis akan langsung mengalir dan bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Prosedur pemasangan atau pendaftaran PDAM di atas bisa berbeda-berbeda tergantung kebijakan kantor PDAM setempat.

Cek dan Bayar Tagihan PDAM Bekasi di BebasBayar

Untuk cek tagihan PDAM Ciamis secara online di BebasBayar, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi BebasBayar dan pilih layanan PDAM
  • Pilih wilayah Ciamis sebagaimana tempat kamu
  • Masukkan nomor meter atau nomor pelanggan.
  • Klik tombol Bayar.
  • Selanjutnya, akan muncul rincian pembayaran PDAM yang harus kamu bayar. Klik “Lanjut“.
  • Terakhir, pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Sistem akan segera memproses pembayaran Tagihan PDAM kamu dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

QnA

Q : Berapa Tarif Air PDAM Kab. Ciamis?

Silakan akses website resmi PDAM Kab. Ciamis di http://www.pdamciamis.co.id/before/hublang/form/cta.php untuk simulasi penghitungan tarif, karena tarif air bergantung pada lebar jalan, daya listrik, nilai jual objek pajak (NJOP) dan luas bangunan.

Q : Kapan Bisa Membayar Tagihan PDAM Ciamis?

Pembayaran atau cek tagihan PDAM Ciamis di BebasBayar bisa dilakukan kapan saja setelah tagihan dikeluarkan pihak PDAM Ciamis. Meski demikian, beberapa daerah mungkin menerapkan aturan khusus mengenai waktu pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat syarat dan ketentuan pembayaran tagihan PDAM.

Q : Apakah Bisa Membayar PDAM Ciamis di Hari Sabtu, Minggu atau Tanggal Merah?

Tak perlu khawatir, pembayaran dan cek tagihan PDAM Ciamis di BebasBayar bisa dilakukan kapan saja, termasuk pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Namun perlu diketahui, beberapa PDAM mungkin melakukan verifikasi pada hari kerja berikutnya.

Kendala Seputar Tagihan Air PDAM Bekasi

Pembayaran Berhasil, Tapi Tagihan Masih Muncul

Apabila pembayaran tagihan yang dilakukan berhasil, tapi tagihan pembayaran masih muncul, bisa menghubungi pihak PDAM Ciamis agar segera dilakukan pengecekan lebih lanjut. Jika terdapat kendala lebih lanjut dan tagihan masih muncul, bisa langsung menghubungi CS BebasBayar.

ID Pelanggan PDAM Bekasi Tidak Ditemukan

ID pelanggan difungsikan untuk cek tagihan yang harus dibayarkan. Ketika menunaikan pembayaran atau cek tagihan PDAM Ciamis secara online di BebasBayar, pastikan memasukan ID pelanggan yang sesuai agar pembayaran bisa dilakukan. Hubungi CS BebasBayar jika ID pelanggan tidak ditemukan saat akan lakukan pembayaran.

About Author

Leave a Reply