Biaya Dan Syarat Pasang Listrik PLN Baru 2024

Biaya Pasang Listrik PLN Pengguna Baru

Daftar Isi

Saat ini biaya pasang listrik PLN menjadi hal yang banyak dicari orang ketika baru saja membeli/mempunyai rumah atau hunian.Tetapi pemasangan sambungan listrik juga dimanfaatkan untuk mereka yang mempunyai usaha baik untuk kantor/ruko/bahkan untuk industri seperti hotel/rumah sakit dan lain sebagainya.

Disisi lainnya banyak orang yang belum mengetahui informasi tentang biaya pasang listrik PLN untuk pengguna baru.Melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang biaya pemasangan listrik di kantor resmi PLN indonesia.Yuk! simak artikel berikut hingga tuntas.

Biaya Instalasi Listrik PLN Resmi Terbaru 2024

Biaya pemasangan instalasi listrik baru sebagian ditentukan berdasarkan peralatan yang digunakan. Instalasi listrik yang bersifat tokenized dinilai lebih baik dalam mengendalikan konsumsi energi listrik, terutama untuk keperluan rumah tangga.

Harga pemasangan perangkat ini ditentukan berdasarkan kapasitas (kapasitas VA) yang diinginkan untuk gedung Anda.

Berdasarkan informasi dari PLN.co.id, biaya Biaya pemasangan listrik baru pada tahun 2024 ini tidak akan berubah. Mematuhi Peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 27 Tahun 2017.

Daya ListrikBiaya
Daya 450 VARp 421.000
Daya 900 VARp 843.000
Daya 1.300 VARp 1.218.000
Daya 2.200 VARp 2.062.000
Daya>2.200 VA S/D 100 kVARp 969/VA
Daya>100 kVA-200 kVA Rp 775/VA 

Khusus untuk sumber listrik di atas 2200VA atau 100kVA, dapat dihitung dengan mengalikan biaya dan kebutuhan listrik.

Biaya pemasangan baru sumber listrik di atas 2200VA-200kVA = Biaya sesuai cakupan peraturan pemerintah x Daya Listrik. 

Contoh : anda membutuhkan 7.500 energi maka Rp 969 x 7.500 = Rp 7.267.500

Berapa Biaya Pasang Listrik Pascabayar PLN ?

Biaya pemasangan listrik prabayar PLN baru sama dengan biaya pemasangan listrik prabayar PLN baru sebagaimana disebutkan di atas, sesuai peraturan pemerintah. Perbedaannya hanya pada cara pembayaran saja, tidak mempengaruhi biaya pemasangan listrik baru.

Baca Juga : 5 Cara Cek Tagihan Listrik Yang Cepat

Istilah pembayaran di awal berarti Anda membayar listrik di muka atau sebelum Anda menggunakannya. Jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba maka perlu membeli token listrik.

Keuntungan : dapat melacak tagihan listrik dan tidak terlambat membayar tagihan listrik

Keuntungan : jika terjadi pemadaman listrik Anda terlambat membeli token

Sedangkan untuk layanan PLN Pascabayar ini Anda harus membayar setelah menggunakan listrik. Biasanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan.

Keuntungan: bayar tagihan listrik di akhir bulan, tidak perlu khawatir listrik padam

Kekurangan: telat bayar akan dikenakan biaya tambahan

Satu hal yang perlu dilakukan Ketahuilah bahwa biaya penyambungan sumber listrik baru dari satu daerah ke daerah lain mungkin berbeda-beda.

Hal ini dipengaruhi oleh biaya tambahan seperti biaya pemasangan gedung (disesuaikan dengan kebutuhan) dan biaya penyambungan (tidak termasuk biaya pemasangan). Biaya tambahan ini biasanya hanya dibebankan kepada Anda yang belum paham atau belum sempat memperhatikannya sehingga memerlukan bantuan jasa instalasi listrik baru.

Baca Juga : Aplikasi Agen Voucer Telkomsel Termurah

Namun, jika Anda punya Jika tidak’ Tidak mempunyai banyak waktu atau tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, Anda dapat mendaftar secara online untuk memasang sistem kelistrikan baru melalui aplikasi. Aplikasi tersebut bernama PLN Mobile dan dapat diunduh secara gratis melalui ponsel. Selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara mendaftarkan instalasi listrik baru.

Syarat Pasang Baru Listrik PLN :

Untuk mengajukan/instalasi listrik baru dapat menggunakan 2 cara yaitu melalui online maupun offline (datang ke kantor PLN terdekat) berikut Syarat pasang listrik untuk pengguna baru : 

  • Formulir lamaran
  • SPJBTL
  • Surat Pernyataan Surat Pernyataan
  • Copy KTP /SIM/Paspor
  • Sertifikat kepemilikan/Sertifikat jual beli/Sertifikat hak guna tanah/Surat bidang tanah/Surat izin /Sertifikat dari RT dan RW atau kepala desa setempat
  • Fotokopi rekening listrik tetangga terdekat jika diperlukan
  • Sketsa situs / Peta lokasi jika diperlukan
  • Segel surat kuasa jika ada orang lain yang mewakili Anda. Staf PLN akan membantu Anda memahami beberapa persyaratan ini.

Sedangkan mendaftar pemasangan listrik secara online mensyaratkan:

  • Alamat denah lokasi bangunan yang akan dialiri listrik
  • Formulir Pengajuan Sambung Baru dengan lengkap melalui Aplikasi PLN Mobile
  • No.KTP/NIK.

Cara Daftar Pasang Listrik PLN Melalui Online :

Pendaftaran online melalui aplikasi

Sambungan listrik online baru saat ini tidak dapat dilakukan melalui website pln dan dialihkan ke aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Kemudian, login dengan nomor telepon dan email Anda dan daftar sesuai petunjuk berikut:

  • Pada halaman utama aplikasi, pilih menu Connect New LSP Plus.
  • Tekan tombol Mulai tombol. di bawah.
  • Pilih lokasi pemasangan.
  • Isi rincian layanan, mengenai sumber listrik yang diperlukan, jenis layanan (prabayar atau pascabayar) dan tujuan (baik domestik, profesional, industri). , publik atau sosial). Untuk penggunaan di rumah, pilih rumah tangga.
  • Isi data SLO dan lengkapi detail pemeriksaan. Bagi yang belum memiliki SLO, akan diminta untuk mendaftar IML dan NIDI.
  • Untuk layanan prabayar saja, pilih biaya instalasi listrik token yang diinginkan.
  • Terakhir, mengisi lengkap data pelanggan baru
  • Jika sudah, isi formulir dan lengkapi data yang diminta, tekan tombol Kirim permintaan.
  • Bayar segera.

Setelah Anda melakukan pembayaran, Koneksi Dealer PLN akan memasang kWh meter sesuai rumah Anda. Proses registrasi online dinilai lebih efisien dan menawarkan banyak keuntungan. Anda bisa mengetahui secara pasti berapa biaya instalasi listrik baru, tergantung lokasi bangunan yang akan dialiri listrik.

Dengan cara ini Anda dapat menentukan jumlah yang dibutuhkan. Selain itu, tidak perlu menyewa jasa instalasi listrik, sangat nyaman dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Cara Bayar Biaya Pasang Listrik PLN Baru :

Untuk membayar biaya pasang daya listrik untuk pelanggan baru ternyata caranya sungguh mudah dan gampang.Kamu bisa memanfaat aplikasi SpeedCash,karena menggunakan SpeedCash kamu tidak hanya bisa untuk bayar PLN Non Taglis saja tapi juga bisa buat cek tagihan listrik pascabayar, beli token listrik hingga bayar biaya nikah online juga juga loh!

Berikut cara bayar tagihan PLN non taglis (pasang listrik PLN baru) : 

  1. Kunjungi halaman berikut : https://member.speedcash.co.id/pln/non-taglis
  2. Masukkan ID pelanggan yang baru kamu dapatkan dari PLN
  3. Lalu akan muncul total tagihan biaya pasang listrik PLN baru

Sunggu mudah bukan, membayar tagihan PLN Non taglis (pasang baru) soo…tunggu apalagi sekarang kamu dapatkan langsung aplikasinya melalui link download dibawah ini.

About Author

falcon
falcon

Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso.

Leave a Reply